Abstrak Int 2015 Sumaji

Nama

:

Sumaji, S.Pd., M.Pd

SKIM Penelitian

:

Penelitian Perseorangan

Judul

:

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD 1 Karangmalang Kudus

Abstract

:

Learning mathematics achievement in SD 1 Karangmalang low. It is evident from the results of 15 students learning mathematics is not completed 10 students with an average value of 59.33. The low students learning achievement is possible because the teacher has not provided the opportunity for students to think and then discuss in pairs and in sharing with friends one class. To overcome these problems, researchers apply the learning model of Think-Phair-Share. purpose of this study was to describe whether the application of learning models Think pair share (TPS) can improve mathematics achievement integer material on fourth grade student 1 Kudus Karangmalang.

This research was an action research consisting of 2 cycles, namely: (1) planning, (2) action, (3) observation or observation, and (4) reflection.The data collection techniques including: tests and observation. The research instruments included: achievement test and observation sheets.

Students learning  achievement in the first cycle with an average value of 72.5 and 66.67% classical completeness. While in the second cycle with an average value of 86.67 and 86.67% classical completeness. The results of observations of students learning activities in the first cycle the average percentage of students' learning activity by 65.22% higher category. While the learning activities of students in the second cycle the average percentage of students' learning activity by 76.67% (high criterion) so that student learning activities from cycle I to cycle II was increased.

Conclusions This research was the result of increased students learning from the first cycle to the second cycle and learning activities of students from the first cycle to the second cycle also increased. Suggestions in this study was another researcher in this research phase students share passive, lacking the courage to ask the partner, therefore at this stage should researchers have to provide such things as rewards for improving studentslearning activities.

 

Hasil belajar matematika di SD 1 Karangmalang rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar matematika dari 15 siswa yang tidak tuntas 10 siswa dengan nilai rata-rata 59,33.   Rendahnya hasil belajar siswa dimungkinkan karena guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kemudian berdiskusi dengan berpasangan lalu di sharing dengan teman satu kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Think-Phair-Share. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran Think pair Share(TPS)  dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV SD 1 Karangmalang Kudus.

Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Teknik  pengumpulan data meliputi: tes dan observasi. Instrumen penelitian meliputi: tes hasil belajar dan lembar observasi.

Hasilbelajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,5 dan ketuntasan klasikal 66,67%. Sedangkan pada  siklus II dengan nilai rata-rata 86,67 dan ketuntasan klasikal 86,67%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65,22% kategori tinggi. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar  76,67 % (kriteria tinggi) sehingga aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.

Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah peneliti lain Dalam penelitian ini pada fase share siswa pasif, kurang berani bertanya dengan pasangannya, oleh karena itu pada fase ini sebaiknya peneliti perlu memberikan hal-hal seperti penghargaan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Pusat Studi

Pusat Studi UMKM
Pusat Studi Kretek
Pusat Studi Gender
Pusat Studi Pembangunan Daerah
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Sains dan Teknologi
Pusat Studi Kebudayaan
Pusat Studi Resolusi Konflik Perdagangan Internasional
Pusat Studi Sentra Haki

Links

Sim-Litabmas
Kopertis

Go to top