Pembekalan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik TA. 2021/2022

Pembekalan KKN TA. 2021/2022 untuk mahasiswa dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 secara daring mengingat kondisi pandemi COVID-19 dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah pusat. Kegiatan pembekalan mahasiswa melibatkan 1.974 mahasiswa peserta KKN, sehingga dibagi dalam 2 Zoom, karena keterbatasan kapasitas partisipan dan mempertimbangkan keefektifan acara jika terlalu banyak peserta. KKN TA. 2021/2022 bertema “Pencegahan serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan”. KKN Tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, ditempatkan di domisili masing – masing mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memberikan manfaat di lingkungan mahasiswa masing-masing.
Pembekalan Mahasiswa KKN TA. 2021/2022 dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Muria Kudus. Dalam sambutannya, Dr. Sulistyowati, S.H., C.N mengungkapkan bahwa KKN ini sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan peran nyata, bukan hanya peran nyata oleh mahasiswa tapi juga peran nyata civitas Universitas Muria Kudus dalam pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 serta ketahanan pangan.
Pembekalan KKN bagi mahasiswa bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang sangat diperlukan selama kegiatan KKN Tematik Pencegahan serta penanggulangan dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan. Pembekalan dilakukan oleh tim yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat sasaran. Pengetahuan tentang kondisi, kebiasaan, budaya, dan bahkan nilai-nilai merupakan materi yang wajib diberikan sebagai upaya mengurangi kesalahan tindakan mahasiswa di lapangan ketika memasuki wilayah dan masyarakat / komunitas.
Materi pembekalan kali ini mencakup informasi, pemahaman, dan pengetahuan yang bersifat umum dan khusus sesuai dengan tema maupun fokus kegiatan KKN-T PPD COVID19 KP yang akan dilaksanakan. 1. Materi pembekalan yang bersifat umum seperti: a. Penjelasan tentang maksud, tujuan, target, peran mahasiswa serta tata tertib yang harus diikuti mahasiswa, b. Kebijakan tentang pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 di wilayah lokasi KKN dll. 2. Materi khusus, untuk tahun 2021/2022 berkaitan dengan kegiatan Pencegahan serta penanggulangan dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan, sebagai media untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mempertahankan ketersediaan pangan di masyarakat, sebagai berikut: a. Teknologi tepat guna dalam pencegahan dan penyebaran COVID-19, b. Pemanfaatan media baik online maupun offline dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dll.