Penerjunan Mahasiswa KKN TA. 2021/2022

Rabu, 1 September 2021 dilaksanakan penerjunan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Serta Penanggulangan Dampak COVID-19 Dan Ketahanan Pangan (KKN-T PPD COVID-19 KP). Penerjunan KKN ini dihadiri oleh Rektor dan jajaran pimpinan Universitas Muria Kudus. Bupati Jepara, Bapak Dian Kristiandi, S.Sos. dan Bupati Pati, Bapak Haryanto, SH., MM. juga turut hadir dalam penerjunan mahasiswa KKN TA. 2021/2022. Kegiatan Lapangan KKN-T PPD COVID-19 KP TA. 2021/2022 akan dilaksanakan tanggal 1 - 30 September 2021.

Bertemakan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan, kegiatan upacara penerjunan dilaksanakan secara daring di platform ZOOM dan kanal YouTube LPPM UMK.

“Pada tahun ini, Universitas Muria Kudus menerjunkan 1.974 mahasiswa yang dibimbing oleh 100 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). KKN kali ini dilaksanakan di domisili tiap – tiap mahasiswa untuk mengurangi kerumunan dan tersebar di berbagai seluruh wilayah Indonesia, namun sebagian besar ada di Jawa Tengah,” Ujar Nafi’ Inayati Zahro selaku Ketua Panitia KKN TA. 2021/2022. 

Prof. Dr. Ir. Darsono, M,Si berpesan kepada seluruh civitas Universitas Muria Kudus yang terlibat di KKN ini bahwa, Kuliah Kerja Nyata Ini adalah bentuk kelengkapan dari fungsi kita sebagai penghela Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena kita sadari bersama bahwa di pundak kita ini ada pekerjaan yang unik, kita diminta mengajar, meneliti dan mengabdi. Ini adalah pekerjaan yang mulia, bisa berat bisa ringan, tapi semoga dengan niat yang tulus akan membawa keringanan bersama – sama. 

Bupati Jepara, Bapak Dian Kristiandi, S.Sos. berharap dengan diadakannya KKN ini mahasiswa lebih peduli terhadap daerahnya sendiri, mengetahui permasalahan, sekaligus memberikan solusi terutama dalam membantu meminimalisir penyebaran dan penularan COVID-19. Bupati Pati, Bapak Haryanto, SH., MM. menutup upacara penerjunan dengan berpesan semoga mahasiswa bisa mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di masyarakat dan saat ini kita masih berada di masa pandemi, bantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat di wilayah masing – masing mahasiswa.

Dengan selesainya upacara penerjunan mahasiswa ini, dimulailah Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan (KKN-T PPD COVID-19 KP) secara resmi di domisili masing – masing mahasiswa.