Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal Pengabdian pada Masyarakat KEMDIKBUDRISTEK Tahun 2021

Setiap tahun, Kemdikbudristek akan menghibahkan dana untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada tahun 2021, Universitas Muria Kudus mendapatkan dana hibah untuk kegiatan Pengabdian pada Masyarakat sebesar Rp. 821.400.000 dengan total 9 judul.  Jumlah tersebut merupakan jumlah yang paling tinggi (peringkat 1) untuk kategori PTS di LLDIKTI Wilayah 6, dan peringkat 5 Nasional sebagai Perguruan Tinggi Swasta penerima dana hibah tertinggi untuk Pengabdian pada Masyarakat.

Sebagai salah satu proses pelaksanaan kegiatan Pengabdian, dilaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) internal yang diadakan oleh LPPM untuk menjadi syarat mengikuti monev yang akan dilaksanakan oleh Kemdikbudristek.  Monev dilaksanakan sebagai salah satu pertimbangan kelayakan sebuah judul pengabdian untuk dilanjutkan di tahun berikutnya.

Kegiatan Monev Internal Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat Kemdikbudristek 2021 kali ini dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, 01 – 02 Oktober 2021 menggunakan platform ZOOM untuk menghindari kerumunan di masa pandemi. MONEV Internal kali ini direview oleh Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si. yang merupakan Reviewer Nasional Pengabdian pada Masyarakat di Kemdikbudristek.

Dalam dua hari ada sembilan judul Pengabdian pada Masyarakat RISTEK-BRIN yang dimonev oleh Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si. yaitu:

  1. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Universitas Muria Kudus oleh Nuraeningsih, S.Pd. M.Pd. (Ketua Pelaksana)
  2. Peningkatan Pemberdayaan Usaha Kecil Melalui Pengembangan Sumber daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Menuju Terwujudnya Wirausaha Mandiri di Era Global oleh Dr. Drs. Sukirman, SH. S.Pd. MM. (Ketua Pelaksana)
  3. Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Gagang Pisau Pada UMKM Industri Kreatif Logam di Desa Hadipolo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah oleh Arif Setiawan, S.Kom. M.Cs. (Ketua Pelaksana)
  4. Peningkatan Daya Saing UKM Industri Kreatif Sebagai Salah Satu Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pati Dalam Memasuki Era MEA oleh Budi Gunawan, ST. MT. (Ketua Pelaksana)
  5. PPPUD Desa Sentra Mainan Anak Tradisional "REMITAN" di Mayong Lor, Mayong, Jepara oleh Jayanti Putri P, S.Pd. M.Pd. (Ketua Pelaksana)
  6. PKM Kelompok Guru SD 4 Dersalam Dalam Upaya Pengembangan "APACINTAKU" (Aplikasi Assement Cinta Tanah Air Berbasis Keunggulan Lokal Kudus) Sebagai Sarana Evaluasi Karakter Cinta Tanah Air oleh Savitri Wanabuliandari, S.Pd. M.Pd. (Ketua Pelaksana)
  7. Learning Studio berbasis Literasi bagi Guru SD 3 Wergu Wetan Kudus oleh Siti Masfuah, S.Pd. M.Pd. (Ketua Pelaksana)
  8. Peningkatan Daya Saing UKM Pengrajin Pisau Dapur Desa Bareng Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Jawa Tengah oleh Rochmad Winarso, ST. MT. (Ketua Pelaksana)
  9. Program Kemitraan Masyarakat pada Paguyuban Pembudidaya Lebah Madu Desa Kandangmas Kabupaten Kudus oleh Taufiq Hidayat, ST. MT. (Ketua Pelaksana)

Setelah semua judul Pengabdian pada Masyarakat dimonev, ketua dan anggota menerima masukan dan saran dari Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si. Diharapkan setelah melaksanakan Monitoring dan Evalusi (MONEV) Internal Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat RISTEK-BRIN 2021 kali ini semua aspek akan lebih optimal dan siap saat melakukan Monitoring dan Evaluasi dengan Kemdikbudristek mendatang.