Latar Belakang LPPM Universitas Muria Kudus

A. Latar Belakang Penetapan Standar Penelitian

Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan penelitian di Universitas Muria Kudus (UMK), mendasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Peraturan Menristek Dikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Bab I Ketentuan Umum poin 11 menjelaskan tentang penelitian, adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang pengetahuan dan teknologi.

Dalam rangka mewujudkan penelitian yang sesuai dengan Standar Nasional Penelitian tersebut maka Universitas Muria Kudus membentuk lembaga Penelitian dengan SK Rektor No:015/R.UMK/Kep/D.09.12/VII/2005. Agar kegiatan lebih terintegrasi dan mempertimbangkan dinamika dan kebutuhan maka sejak tahun 2018 Lembaga Penelitian digabung menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan SK Rektor :016/R.UMK/Kep/Sek/D.09.05/IV/2018. Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang dimaksud mengacu kepada Statuta Universitas Muria Kudus. Berdasakan Statuta UMK bagian ke sembilanbelas, pasal 67 menyebutkan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus (UMK), merupakan salah satu lembaga pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan tugas pokok dan fungsi Universitas Muria Kudus dalam Bidang Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus dipimpin oleh Ketua Lembaga dengan masa jabatan 4 tahun, diangkat dan diberhentikan oleh Rektor (Statuta UMK , pasal 67; point 8). Membawahi Kepala Bagian Penelitian, Kepala Bagian Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepala Bagian Publikasi,Penerbitan Ilmiah dan Kekayaan Intelektual (Pasal 67; poin 10).

Untuk pengembangan dan pelaksanaan kegiatan penelitian telah didasarkan pada rencana strategis (renstra) penelitian dengan No. SK Rektor 021/R.UMK/Kep/Sek/E.02.03/V2018 dan Rencana Operasional Penelitian dengan No SK Rektor SK Rektor 032/R.UMK/Kep/Sek/E.02.05/VIII/2018, buku pedoman penelitian dengan No SK Rektor 041/R.UMK/Kep/Sek/E.02.07/IX/2018. Renstra Penelitian tahun 2016-2020 berisi tentang landasan pengembangan penelitian, peta jalan penelitian, pengembangan sumber daya peneliti, sumber daya peralatan laboratorium penelitian, sumber daya dana penelitian, sasaran program strategis penelitian, penelitian hibah diluar institusi dalam negeri, penelitian hibah diluar institusi dari luar negeri, penelitian kerja sama internasional. Buku pedoman penelitian berisi tentang skema penelitian, sistematika penulisan proposal penelitian, kriteria dan persyaratan penelitian, mekanisme penilaian, alokasi dana penelitian, jadwal penelitian, monitoring dan evaluasi penelitian, pelaporan penelitian, dokumen luaran penelitian, tata cara pengangkatan reviewer, tata cara penilaian dan review penelitian, hasil penilaian penelitian, penugasan peneliti, berita acara hasil monitoring penelitian.

LPPM UMK mengelola kegiatan penelitian baik dengan pendanaan internal yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Universitas Muria Kudus dan penelitian eksternal yang menggunakan dana dari Pemerintah melalui Kemenristek Dikti, Pemerintah Provinsi, maupun Kabupaten/Kota serta Industri baik yang dilaksanakan secara terlembaga di LPPM maupun yang dilakukan di Program Studi atau Fakultas. Untuk mengembangkan kinerja Dosen, maka dibentuk pusat Studi yang dikoordinir oleh LPPM.

Kegiatan Penelitian yang menggunakan dana dari APBUniversitas dibagi menjadi penelitian dengan skema penelitian penelitian pemula, lanjutan, penelitian dasar, intitusional, dan penelitian kompetitif. Dasar penentuan skema mengacu pada skema penelitian nasional dari kemensirtek dan Dikti yang berlaku ( pedoman XI), dengan maksud bahwa penelitian internal sebagai media dosen untuk meneliti yang diharapkan berkelanjutan dengan penelitian dari sumber dana eksternal yang bersifat kompetitif. Pada tahun 2017 sesuai dengan dinamika yang ada, pedoman XI diperbaharui menjadi pedoman XII. Dalam pedoman tersebut ditetapkan perubahanskema penelitian dan persyaratan peneliti yang harus dipenuhi oleh Dosen.Persyaratan sebagai peneliti terkait dengan jumlah artikel publikasi; Jabatan fungsional akademik, dan strata pendidikan. Universitas Muria Kudus dalam upaya untuk memperlengkapi Dosen agar memenuhi persyaratan sebagai peneliti yang dapat mengakses penelitian dengan dana hibah Kemenristek Dikti, maka dalam kegiatannya memprogramkan pelatihan proposal, penyusunan artikel (manuskript), mendorong jurnal yang diterbitkan di setiap program studi dan mendorong jabatan fungsional akademik.

Sumberdana Pemerintah pusat lainnya bersumber dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan menggunakan pedoman yang berlaku. Demikian juga untuk penelitian yang menggunakan sumberdana Pemerintah Provinsi, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota menggunakan pedoman masing-masing pemberi dana.

Visi dan Misi Universitas Muria Kudus berubah pada tahun 2018 yang dimuat dalam Statuta UMK Tahun 2018. Lembaga Penelitian berubah menjadi Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), pada tahun 2018. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan dinamika masyarakat, maka organ LPPM dilengkapi dengan bidang publikasi, penerbitan ilmiah dan HKI. Sedangkan sebagai upaya untuk mengarahkan roadmap dan meningkatkan kinerja penelitian agar lebih optimal dibentuk Pusat Studi, yang bersifat multidisiplin yang dikoordinir oleh LPPM. Sedangkan pusat kajian yang bersifat mono disiplin diserahkan kepada program studi dan Fakultas sesuai dengan kebutuhannya.

Pada tahun 2016 Lembaga Penelitian UMK menjadi kluster Madya, dengan kewenangan yang berbeda dengan yang sebelumnya. Perubahan kewenangan untuk klaster madya adalah adanya hak lembaga dalam skema penelitian desentralisasi. Selanjutnya pada tahun 2018 LPPM telah masuk pada klaster Utama. Mempertimbangkan hal-hal tersebut maka LPPM UMK juga melakukan penyesuaian yang terkait dengan Visi dan Misi LPPM, Roadmap, Fokus, dan Organ LPPM.