Rasional

1. Rasional Penetapan Standar Penelitian

Kinerja penelitian merupakan aspek yang sangat penting bagi Universitas Muria Kudus sebagai wujud pelaksanaan Tridharma, khususnya darma Penelitian dan Pengabdian serta luarannya yang bertanggung jawab. Kinerja penelitian juga merupakan indikator daya saing dalam mewujudkan kreativitas dan inovasi. Berdasarkan standar mutu penelitian (No SK. Rektor 060/R.UMK/Kep/Sek/E.02.10/XII/2018) di Universitas Muria Kudus maka diperlukan pengembangan Sumber Daya Peneliti dan Sarana Penunjang Penelitian secara berkelanjutan.

Berdasarkan Laporan Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Tabel 3.C.1 sudah menunjukkan perkembangan dari waktu kewaktu, namun berdasarkan indikator capaian Visi dan Misi UMK, masih diperlukan peningkatan terhadap produktivitas dan luaran penelitian. Program pengembangan yang dilakukan untuk mencapai produktivitas dan luaran penelitian meliputi peningkatan kompetensi peneliti, peningkatan kerjasama penelitian dan pengembangan sarana pendukung penelitian. Sejalan dengan itu, Universitas Muria Kudus secara terlembaga mendorong dosen peneliti untuk mengintegrasikan hasil penelitian dalam bahan ajar dan proses pembelajaran. Sehingga hasil penelitian dosen secara langsung dan tidak langsung meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa dalam arti luas.

2. Mekanisme Penetapan pelaksanaan standar Penelitian UMK

Mekanisme penetapan standar penelitian didasarkan pada Pedoman Penetapan Standar Penelitian, mengacu pada Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; Visi Misi UMK, Rencana Induk Penelitian (RIP); dan Renstra dengan SK Rektor No.01a/R.UMK/Sek//Kep/E.02.01/I/2012 Tahun 2012 tentang Rencana Strategis Universitas Muria Kudus Tahun 2012 – 2016; serta Renop UMK. Pedoman standar penelitian disusun dengan melibatkan Pimpinan Universitas dalam hal ini Rektor dan Wakil Rektor 1, Pimpinan Fakultas di lingkungan UMK (Dekan, Wakil Dekan I, Kaprogdi), dan Tim dari LPPM. Adapun proses penyusunan standar dimulai dengan melakukan Rapat koordinasi tentang penyamaan persepsi SNPT, visi misi Perguruan Tinggi, Renstra dan Renop. Penentuan dan penetapan standar mutu penelitian. Penyusunan pedoman penetapan standar penelitian dan sampai pada Pengesahan Pedoman Penetapan Standar Mutu oleh Rektor.

Standar penelitian telah ditetapkan dalam Standar Penelitian No. SK Rektor 060/R.UMK/Kep/Sek/E.02.10/XII/2018. LPPM UMK tunduk kepada Statuta UMK, Garis Kebijakan Universitas yang dibuat oleh Rektor dan dalam melaksanakan tugas mengacu kepada Standar Nasional Penelitian (SNP), yang ditetapkan oleh Kemenristek Dikti dan didalam pelaksanaannya disesuaikan dengan Rencana Pengembangan Lembaga yang telah disusun oleh Ketua Lembaga dan ditetapkan oleh Rektor. Mekanisme Penetapan Standar Penelitian LPPM berdasarkan Standar Nasional Penelitian.